Manfaat bawang putih untuk kesehatan – Karungan.com

1. Menurunkan Kolesterol
Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk melawan kolesterol tinggi. Sebuah penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan bahwa makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (satu hingga dua siung kecil) per hari mampu menurunkan kolesterol secara drastis selama dua bulan. Temuan ini juga diperkuat dengan berbagai penelitian terbaru. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di International Journal of Medical Science and Public Health. Para peneliti di India awalnya meminta dari 50 orang dengan hiperkolesterolemia untuk secara teratur makan 3 gram bawang putih mentah sekali sehari. Setelah 90 hari pengujian, semua peserta mengalami penurunan kolesterol yang tajam. Ini sekitar 10-13%.

Para peneliti telah menemukan bahwa manfaat ini berasal dari kandungan allicin bawang putih. Uniknya, allicin diproduksi oleh bawang putih hanya ketika cengkeh dihancurkan dengan cara dipotong, dihancurkan (uregu) atau dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

2. untuk mengontrol tekanan darah
Jika Anda berisiko atau terdiagnosis tekanan darah tinggi, menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu kunci untuk tetap sehat. Dari sekian banyak makanan kesehatan yang ada saat ini, bawang putih bisa menjadi makanan pokok Anda.

Ya! Potensi manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah telah lama diakui sebanding dengan antihipertensi generik. Menurut sebuah penelitian di jurnal Pakistan Per Matthew Scientific, efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik setelah makan bawang putih mentah hampir sama dengan Ate.

Sekali lagi, manfaat ini berasal dari kandungan allicin yang hanya bisa diperoleh dengan mengunyah, menghancurkan, atau mencincang siung bawang putih mentah. Metode ini membuat allicin lebih mudah diserap dan tersedia untuk tubuh.

Baca Juga  7 Tips untuk Meningkatkan Sinyal WiFi Anda

Selain itu, bawang putih melebarkan pembuluh darah, dan juga mengandung Porisarufaido yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

3. Jantung Sehat
Kabar baiknya, bawang putih juga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Bawang putih dikenal sebagai terapi tambahan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

Uniknya, manfaat paling konsisten ditunjukkan dengan ekstrak bawang putih kering (aged garlic). Untuk meringkas banyak penelitian, ekstrak bawang putih tua mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Sebuah studi Journalof Nutrition menggunakan bawang putih tua juga menunjukkan efek mengurangi kadar kalsium koroner dan protein C-reaktif. Deposit kalsium di arteri koroner merupakan tanda adanya penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Protein C-reaktif adalah protein khusus yang menyebabkan peradangan.

Kedua kondisi di atas dapat menyebabkan aterosklerosis. Ketika aterosklerosis berkembang, ia rentan terhadap serangan jantung dan stroke.

4. Mengurangi risiko kanker
Manfaat bawang putih yang bermanfaat telah dikenal selama berabad-abad.

Bukti penelitian hingga saat ini, yang diterbitkan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Ini termasuk kanker perut (lambung, usus besar, usus kecil), kerongkongan, pankreas, payudara dan kanker prostat.

Bawang putih mentah kaya akan belerang aktif, yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya di dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Otak
Makan bawang putih telah terbukti bermanfaat bagi otak serta kesehatan jantung.

Para peneliti di University of Missouri telah menemukan bahwa turunan karbohidrat dari bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit. FruArg telah dilaporkan menurunkan tingkat oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglial otak selama perang melawan peradangan dan stres oksidatif.

Baca Juga  Cara Menampilkan Lirik Lagu di HP Vivo Dengan Mudah

Sementara itu, peran sel mikroguria sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Namun, semakin lama sel mikroguria melawan peradangan, semakin banyak mereka menghasilkan oksida nitrat. Tingkat oksida nitrat yang berlebihan telah lama dikaitkan dengan kerusakan sel-sel otak.

Untungnya, FruArg bawang putih mampu memperbanyak sel mikroguria tanpa menyebabkan peningkatan kadar oksida nitrat di otak. Ini berarti bawang putih mungkin memiliki efek perlindungan pada sel-sel otak dengan membuat Anda lebih kebal terhadap risiko penyakit saraf seperti demensia dan Alzheimer.

About Muhammad Faisal

Atau biasa dipanggil Mas Fai. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^

Check Also

5 ALASAN MENGAPA MATEMATIKA PENTING UNTUK KEHIDUPAN – Karungan.com

1. Matematika adalah Ratu Sains Tahukah Anda bahwa matematika adalah ratunya sains? Apa maksudmu? Ya, …