6 Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas – Bagi kamu yang menggunakan laptop pasti sering mengalami laptop cepat panas bukan? Banyak sekali faktor yang membuat laptop cepat panas, mulai dari aliran udara dalam mesin yang kurang baik hingga laptop yang sudah berumur.

Selain itu menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama juga akan membuat laptop menjadi sangat panas, jangan sampai kamu mengalami yang namanya Overheating. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada bagian hardware Laptop. Namun ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar laptop tidak cepat panas. Simak beberapa tips yang Carapedi berikan berikut ini.

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

  1. Menghindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur

Siapa yang sering melakukan kebiasaan seperti ini? Sebaiknya kamu jangan melakukannya lagi ya, karena penggunaan laptop di atas kasur atau permukaan lembut lainnya dapat menghambat saluran udara pada Laptop terhambat, sehingga membuatnya menjadi cepat panas. Tips satu ini bisa kamu agar Laptop tidak cepat panas, jadi selalu menggunakan laptop pada permukaan datar ya.

2. Pastikan Saluran Udara Pada laptop Bersih

Tips agar laptop tidak cepat panas yang kedua yaitu kamu pastikan saluran udara selalu bersih. Saluran udara yang kotor akibat menumpuknya debu bisa menyebabkan sirkulasi udara terganggu. Kamu bisa membersihkan salurannya secara rutin agar tidak terjadi penumpukan debu.

3. Layar LCD Usahakan Tidak Terlalu Cerah

Tips satu ini bisa kamu coba pada laptop agar tidak cepat panas. Layar LCD yang terang akan memakan daya baterai yang sangat besar sehingga laptop juga akan cepat panas. Oleh karena gunakan layar LCD yang tidak terlalu cerah.

Baca Juga  Aplikasi Editan Foto Yang Sering Digunakan Artis – Karungan.com

4. Berikan Istirahat Pada Laptop

Jika kamu menggunakan laptop sebaiknya jangan dalam jangka waktu yang lama, karena tentu akan sangat panas jika menggunakannya sangat lama. Jadi beri waktu untuk laptop beristirahat sejenak.

5. Cek Kondisi Thermal Pasta Pada Laptop

Thermal pasta berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor, oleh karena itu kamu sebaiknya cek thermal pasta pada processor laptop. Apabila dirasa sudah jelek kamu bisa mengganti dengan thermal pasta yang baru.

6. Cooling Pad Eksternal

Tips terkahir yang bisa kamu agar laptop tidak cepat panas yaitu menggunakan cooling pad eksternal. Menggunakan cooling pad dapat mengurangi panas pada laptop, biasanya digunakan sebagai alas laptop.

Itulah dia beberapa tips agar laptop tidak cepat panas saat digunakan. Kamu bisa mencoba beberapa tips diatas ketika menggunakan laptop. Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak laptop. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Muhammad Faisal

Atau biasa dipanggil Mas Fai. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^

Check Also

5 Faktor Penyebab Naik berat badan – Karungan.com

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kebiasaan sehari-hari juga menentukan kenaikan berat …